Bukan Buat Sombong-Sombongan

Bacaan hari ini: 1 Korintus 14:1-25
“.. Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun jemaat.” (1 Korintus 14:12)

Jemaat Korintus adalah jemaat yang sangat diberkati Tuhan, misalnya dalam hal banyaknya karunia Roh yang dianugerahkan Tuhan bagi mereka. Karunia Roh adalah pemberian Tuhan, dan bukannya usaha manusia. Sayangnya, mereka mempergunakan karunia Roh itu untuk saling menyombongkan diri satu sama lain. Mereka yang memiliki karunia Roh menjadi sombong dan merendahkan mereka yang karunianya terlihat biasa saja. Contohnya pada bagian firman Tuhan yang kita baca, dimana mereka yang memiliki karunia berbahasa roh menjadi tinggi hati dan menggunakan karunianya itu untuk pamer. Padahal tujuan Tuhan memberikan karunia Roh agar jemaat dapat melayani satu sama lain untuk saling membangun.

Paulus mengingatkan mereka akan hal ini. Ia memperingatkan mereka untuk tidak menjadi sama seperti anak-anak dalam pemikiran mereka, melainkan hendaknya mereka dewasa dalam pemikiran (ay. 20). Seorang anak hanya memikirkan apa yang menyenangkan dan menguntungkan bagi dirinya. Tidak heran seorang yang menggunakan karunia Roh dengan cara berpikir anak-anak hanya ingin mendapatkan keuntungan dari karunia tersebut. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri, sehingga tidak heran muncul kesombongan dan tindakan hanya ingin pamer karunia saja. Sebaliknya, seorang yang dewasa lebih mengontrol diri dan menggunakan karunia sesuai fungsinya, yaitu untuk saling melayani dan membangun jemaat Tuhan. Seorang dewasa juga mengerti dari mana karunia tersebut berasal, yaitu dari Tuhan dan bukan karena kehebatan dirinya, sehingga dia akan menjaga diri agar tidak menjadi sombong sehingga ingin pamer atau mencari keuntungan.

Bagaimana dengan kita? Bersyukur kepada Tuhan jika kita dikaruniai Tuhan berbagai karunia Roh untuk saling melayani. Hendaknya kita juga memakainya dalam kedewasaan kita. Kita tidak menjadi sombong dan mau pamer atau mencari keuntungan. Karunia Roh adalah pemberian Tuhan semata, diberikan agar kita saling melengkapi dan melayani.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s