Bergiat Dalam Pekerjaan Tuhan

Bacaan hari ini: 1 Korintus 15:29-58
“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah lalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab … jerih payahmu tidak sia-sia.” (1 Korintus 15:58)

Harapan merupakan satu hal yang sangat penting dalam hidup seseorang. Harapanlah yang membuat seseorang terus berjuang dan tidak menyerah, sekalipun gagal. Harapanlah yang membuat seseorang tetap kuat ketika ada dalam terpaan tekanan dan penderitaan.

Dalam bagian surat Korintus ini, Paulus menasihatkan kepada jemaat agar mereka tetap berdiri dengan teguh dan tidak goyah, serta bergiat dalam pekerjaan Tuhan, dengan selalu berpegang pada pengharapan bahwa jerih payah yang mereka lakukan dalam persekutuan dengan Tuhan itu, tidak sia-sia.

Dalam ayat 56 dikatakan bahwa sengat maut adalah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat, yang menunjukkan betapa mengerikan dosa itu karena berujung pada maut, dan hukum Taurat tidak membuat orang lepas dari dosa tapi justru membuat kita semakin menyadari betapa berdosanya kita dan tidak bisa lepas dari dosa. Tetapi ayat 57 memberitahukan kepada kita, sebuah pengharapan yang luar biasa indahnya, karena Kristus telah memberikan kepada kita kemenangan atas dosa.

Karena itu, Paulus menasihatkan kita untuk tetap teguh dan tidak goyah, sekalipun kita masih hidup dalam dunia ini, bergumul dengan dosa setiap hari, bahkan berhadapan dengan orang-orang yang seringkali berusaha menghancurkan pengharapan kita kepada Kristus. Karena apa? Karena jerih payah kita untuk tetap hidup dalam persekutuan dengan Tuhan, sekalipun sekeliling kita meninggalkan Tuhan, tidak akan sia-sia, Tuhan tahu apa yang kita lakukan dan ada mahkota yang disediakan bagi kita, yang kelak akan dibangkitkan bersama-sama dengan Dia.

Hidup dalam dunia ini hanya sementara, kesulitan yang kita hadapi saat ini, janganlah membuat kita menjadi mundur dalam pelayanan, atau bahkan berkompromi dengan dosa. Tetaplah giat dalam pekerjaan Tuhan. Banyak orang yang gagal hidup benar, karena tidak memiliki keteguhan hati. Ada orang berkata, “Kekalahan seseorang itu terjadi bukan ketika dia berusaha lalu gagal, melainkan ketika ia berhenti berusaha.”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s