Menghargai Dengan Tepat

Bacaan hari ini: 1 Korintus 16:10-18
“Jika Timotius datang kepadamu, usahakanlah supaya ia berada di tengah-tengah kamu tanpa takut, sebab ia mengerjakan pekerjaan Tuhan, sama seperti aku.” (1 Korintus 16:10)

Sebagai makhluk sosial, kita tidak mungkin hidup tanpa orang lain. Kita bersyukur karena Tuhan memberikan orang-orang di sekitar kita, sehingga kita bisa berelasi, saling membutuhkan dan saling memberi. Agar relasi dengan orang-orang di sekeliling kita terjalin dengan baik, kita harus menghargai orang lain dengan tepat. Namun sayang, saat ini ada kecenderungan, orang tidak menghargai orang lain dengan tepat. Di satu sisi, ada yang tidak mau menghargai orang lain, dan di sisi lainnya, ada yang menghargai orang lain secara berlebihan dengan motivasi tertentu. Bagaimana menghargai orang lain dengan tepat?

Pertama, menerima orang lain dengan segala kekurangan dan juga kelebihannya.

Paulus mengingatkan jemaat di Korintus untuk menerima kehadiran Timotius dengan baik. Memang Timotius masih muda, belum terlalu banyak pengalaman. Tetapi Paulus mengingatkan mereka untuk tidak memandang rendah Timotius, dan jangan membuat Timotius menjadi takut, justru bantulah Timotius di dalam kekurangannya. Bagaimanapun juga, Timotius adalah anak muda yang dipakai Tuhan untuk melayani dan mengerjakan pekerjaan Tuhan. Dari sini, marilah kita juga belajar untuk bisa menghargai orang lain, meskipun ia punya kekurangan, karena kita pun juga punya kekurangan dan kelemahan. Janganlah kita hanya fokus mengkritik dan menyalahkan kekurangan orang lain, sebaliknya kita dapat membantunya dalam kekurangan dan kelemahannya.

Kedua, hargailah apa yang sudah dikerjakan orang lain.

Di ayat 15-18, Paulus mengingatkan jemaat Korintus untuk menghargai apa yang sudah Stefanus, Fortunatus dan Akhaikus lakukan. Mereka telah bekerja berjerih lelah mengabdikan dirinya untuk melayani jemaat di Korintus. Hargailah mereka dengan menaati mereka. Paulus tidak melupakan apa yang sudah dikerjakan oleh rekan-rekan sepelayanannya.

Bagaimana tanggapan kita terhadap apa yang sudah orang lain kerjakan? Hargailah dan pujilah usaha orang yang sudah melakukan tugasnya dengan sungguh-sungguh. Namun pujian yang diberikan hendaklah yang sesuai dan tidak berlebihan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s