Penghiburan

Bacaan hari ini: 2 Korintus 1:3-11
“Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan.” (2 Korintus 1:3)

Hidup dalam dunia ini tidaklah luput dari berbagai kesulitan bahkan penderitaan. Banyak orang mencari hiburan untuk menghadapi masalahnya dengan jalan-jalan, nonton film, berbelanja, nongkrong di kafe, menghabiskan waktu dengan hobbynya, kumpul dengan teman-teman, bahkan dengan minuman keras dan obat-obat terlarang. Namun kenyataannya, “penghiburan itu” hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan masalah, tidak membuat kita dapat menghadapi ataupun menyelesaikan masalah dengan tepat.

Dalam hidup dan pelayanan Paulus juga mengalami banyak sekali penderitaan dan beban yang sangat berat. Bahkan Paulus juga mengalami keputusasaan (ay. 8-9). Bagaimanakah Paulus mendapatkan penghiburan yang memampukannya menghadapi penderitaannya? Paulus mengakui bahwa dirinya memperoleh penghiburan dari Tuhan Yesus yang adalah sumber segala penghiburan (ay. 3), dan penghiburan yang Tuhan berikan begitu berlimpah (ay. 5). Tidak ada yang lainnya, yang dapat memberikan penghiburan yang sejati, selain Tuhan Yesus sendiri. Penghiburan yang Tuhan berikan bisa dalam berbagai bentuk. Tuhan bisa memakai orang-orang terdekat, bahkan orang yang tidak kenal sekalipun, untuk menghibur dan menguatkan. Tuhan juga bisa berbicara secara pribadi melalui doa dan firman-Nya, bahkan melalui peristiwa yang kita alami untuk meneguhkan, mengibur dan menguatkan kita.

Pengalaman mendapatkan penghiburan dan pertolongan dari Tuhan itu akhirnya Paulus bagikan juga kepada jemaat di Korintus, yang juga mengalami kesengsaraan, dan hal itulah yang memberikan kekuatan bagi jemaat Korintus untuk dapat sabar menghadapi penderitaannya (ay. 6).

Marilah kita belajar dari Paulus. Apabila kita mengalami penderitaan, carilah penghiburan yang tepat, yaitu di dalam Yesus Kristus. Datang dan berdoalah dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan Yesus, sumber segala penghiburan. Pengalaman bersama Tuhan, juga boleh kita bagikan kepada orang lain sehingga menjadi berkat

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s