Tugas Seorang Pelayan Tuhan

Bacaan hari ini: 2 Korintus 13:1-13

“Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! …” (2 Korintus 13:5)

 

Suatu kerinduan dari seorang Rasul Paulus adalah: “Supaya jemaat Korintus tetap tegak di dalam iman kepada Yesus Kristus, dan bukan terus menyimpan dosa yang lama: perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, fitnah, mengumpat, keangkuhan, dan pertengkaran. Masihkah mereka belum bertobat dari kecemaran, percabulan, dan ketidak-sopanan yang mereka lakukan?

Maka dari itu, Paulus menasihati jemaat Korintus untuk yang ketiga kalinya karena Paulus kuatir jika iman mereka yang tidak tahan uji sehingga mereka masih hidup dalam dosa yang lama. Paulus menasihati mereka: “Ujilah imanmu dan selidikilah dirimu bahwa Kristus ada di dalam kamu supaya kamu tahan uji, supaya kamu kuat” (ay. 5). Dan Paulus bukan hanya menasihati jemaat Korintus, terlebih Paulus juga “berdoa” kepada Allah, agar mereka bukan saja tahan uji, melainkan juga dapat “berbuat baik,” menjadi kuat, dan sempurna.

Sikap Paulus yang demikian menunjukkan sikapnya terhadap mereka: Paulus sangat mengasihi mereka. Dengan kasih Kristus Yesus, Paulus merendahkan dirinya sampai-sampai dianggap bodoh dan lemah, tetapi semuanya itu tidak menjadi beban bagi dirinya, sebaliknya ia tetap bersukacita, sebab kata Paulus, “Apabila kami lemah dan kamu kuat, itu kemegahan kami, kami hanya bermegah di dalam Kristus” (ay. 4). Itulah hati seorang pelayan Tuhan yang baik dan benar. Hati yang senang melihat jemaat Tuhan bersukacita, dan berusaha supaya menjadi sempurna di dalam iman kepada Kristus. Paulus, seorang pelayan Tuhan yang tidak henti-hentinya mendorong jemaat untuk tetap tegak dalam iman kepada Krisus, di tengah-tengah banyaknya orang yang melakukan pencemaran, percabulan dan ketidaksopanan. Paulus, seorang pelayan Tuhan yang tidak henti-hentinya berdoa kepada Allah, supaya jemaat dapat sehati sepikir dan hidup dalam damai sejahtera, sehingga Allah yang adalah sumber kasih dan damai sejahtera, menyertai mereka semua. Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s