Manakah yang Anda Pilih

Bacaan hari ini: Galatia 5:16-26
“….hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” (Galatia 5:16)

Allah telah memberikan kita kemerdekaan dari kuasa dosa. Kita tahu, bahwa selama hidup di bawah kuasa dosa, kita kehilangan damai sejahtera dan kebahagiaan yang sejati. Hasil yang kita dapatkan dari hidup di dalam dosa adalah kematian; kita tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan hidup yang diperkenan Allah. Hati kita cenderung pada apa yang jahat dan memuaskan hawa nafsu daging kita.

Namun Allah yang penuh kasih itu telah menyelamatkan kita dan memberikan Roh Kudus-Nya untuk menyertai kita. Tujuannya adalah agar kita dimampukan untuk hidup menyenangkan hati Allah. Itulah sebabnya, hari ini, sekalipun kita masih mengenakan tubuh yang telah cemar dosa, Allah memberikan kita kemampuan untuk mengalahkannya. Pilihan untuk menaati pimpinan Allah atau menyerah pada tipu daya dosa melalui keinginan daging, diberikan Allah kepada kita untuk melatih ketaatan kita kepada-Nya. Manakah yang Anda pilih?

(1) Keinginan daging, yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya (Gal. 5:10-20).

Pilihan ini tentu bukanlah yang terbaik, tapi justru membuat kita mendukakan hati Allah dan tidak mengalami pertumbuhan rohani yang baik. Jauhilah keinginan daging dan ikutilah pimpinan Roh Kudus. Tanggalkan semua sifat manusia lama kita dan belajar hidup menurut keinginan Roh.

(2) Keinginan Roh adalah supaya setiap kita hidup menampilkan buah Roh yaitu: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri.

Kata Paulus, semua ini tidak ada hukum yang menentang hal-hal ini. Ini adalah pilihan yang tepat! Ketika kita hidup menurut Roh, kita akan hidup dalam damai sejahtera, baik di hadapan Allah, sesama, maupun diri sendiri. Ketika kita taat pada pimipinan-Nya, Roh Kudus akan membawa kita kepada pertumbuhan rohani dan karakter hidup yang memuliakan Allah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s