Karakter Orang Kristen

Bacaan hari ini: Efesus 4:1-32
“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.” (Efesus 4:2)

Paulus di dalam surat-suratnya selalu mulai dengan dasar kebenaran iman Kristen, dilanjutkan dengan praktik akan kebenaran tersebut. Efesus 4 adalah permulaan dari bagian kedua ini, atau berisi nasihat tentang praktik-praktik iman Kristen. Sehingga langsung Paulus berkata, bahwa jemaat Efesus haruslah hidup berpadanan dengan panggilannya sebagai orang Kristen. Apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Kristen?

Sifat pertama adalah kerendahan hati.
Hal ini seperti permulaan dari khotbah di bukit, “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah.” Hal ini mengingatkan kita sekalian bahwa manusia jatuh ke dalam dosa karena keangkuhan. Sekalipun kita sudah ditebus, kita masih sering kali jatuh ke dalam jerat Iblis, karena kita kurang rendah hati, kurang mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah hidup kita.

Sifat kedua adalah lemah lembut.
Lemah lembut bukan kelemahan atau kekuatan, melainkan satu karakter rohani menghadapi tantangan luar maupun dalam dengan mengandalkan kekuatan Tuhan, bukan kekuatan fisik-mental manusia, atau mengandalkan kekuatan duniawi.

Sifat ketiga adalah sabar.
Sabar menderita, sabar menantikan Tuhan, sabar seperti seorang petani yang menunggu hasil panennya, demikianlah ajaran Paulus terus-menerus di surat-suratnya. Sabar artinya kita memiliki iman yang teguh kepada Tuhan, sabar artinya kita setia kepada Tuhan. Hari ini kita juga harus sabar menantikan janji Tuhan digenapi, sabar dalam pelayanan, sabar menantikan buah pelayanan kita, atau pertobatan dari orang yang belum percaya.

Sifat keempat adalah kasih.
Kasih adalah ciri utama orang Kristen, yang berbeda dengan kasih orang dunia. Paulus memakai kasih “agape” untuk menggambarkan kasih yang harus dimiliki oleh orang Kristen, yang berbeda dengan kasih orang dunia, yang sebatas “eros, persahabatan, persaudaraan”. Kasih “agape” adalah kasih berkorban untuk sesama tanpa meminta balasan untuk semua orang. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah memiliki sifat-sifat tersebut?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s