Taat dan Kasih

Bacaan hari ini: Efesus 6:1-24
“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.” (Efesus 6:11)

Dalam kehidupan, kita sering kali tidak merasa bahwa ada kuasa roh-roh jahat yang aktif menghasut orang percaya untuk hidup tidak taat kepada kehendak Tuhan. Paulus mengingatkan tiap orang percaya untuk selalu berjaga-jaga, dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah untuk menghadapi kuasa-kuasa jahat, dengan kebenaran, keadilan, iman, penginjilan, dan tunduk kepada firman Allah. Dengan mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita, kita akan terhindar dari jerat Iblis dan kita tidak akan jatuh ke dalam dosa dan pelbagai pencobaan.

Dalam relasi dengan sesama, kita pun perlu terus bergantung kepada Tuhan, sehingga kita tidak terjatuh di dalam dosa. Dalam Efesus 6:1-9 ada beberapa relasi antar manusia yang dibahas, yaitu orangtua-anak dan hamba-tuan. Orangtua adalah wakil Tuhan bagi anak-anak, yang bertugas memimpin, mengarahkan, dan mendidik anak-anak. Kepada para ayah, firman Tuhan mengingatkan untuk tidak membangkitkan amarah di dalam hati anak-anak, namun justru mendidik mereka dalam kebenaran Tuhan. Ketika para ayah mengasihi anak-anak di dalam Tuhan, maka anak-anak akan dengan lebih mudah menghormati para ayah, sebagaimana yang diperintahkan Tuhan.

Kedua adalah, dalam relasi hamba-tuan, para hamba hendaknya taat kepada tuan mereka, dan para tuan pun hendaknya mengasihi para hamba dan tidak mengancam, dalam bentuk apapun. Tuhan adalah Tuhan bagi semua orang, baik kaya atau miskin, tua atau muda, pekerja atau pemberi kerja. Bagaimana dengan relasi kita saat ini? Bagaimana pula sikap kita kepada mereka yang berada di atas kita, atau di bawah kita dalam bekerja?

kita saling mengasihi, menghormati dan merendahkan hati satu sama lain agar kehidupan kita tidak dicela orang, sebaliknya menjadi pujian dan kemuliaan bagi nama Tuhan kita. Jangan biarkan kuasa gelap mengacaukan relasi rumah tangga kita, pekerjaan kita atau panggilan kita menjadi umat-Nya. Marilah kita hidup dalam damai sejahtera dan ketaatan dan kasih! Amin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s