Tujuan Hidup Kita di Dunia

Bacaan hari ini: Filipi 1:12-26
“Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.” (Filipi 1:21)

Sebagai umat Kristen, kita harus segera menyadari tujuan hidup kita dan mengapa Tuhan masih mengizinkan kita hidup. Tuhan masih mengizinkan kita bernapas, tidak dimaksudkan agar kita bisa hidup semau kita. Kita masih diizinkan hidup oleh Tuhan karena Dia ingin kita bisa berbagian menjadi pengabar-pengabar Injil-Nya kepada semua bangsa.

Dalam ayat di atas, Paulus mengatakan sesuatu hal yang sangat luar biasa, dimana dia mengatakan bahwa hidup adalah Kristus dan mati adalah sebuah keuntungan. Perlu kita tahu bahwa ketika Paulus menulis surat kepada jemaat Filipi, Paulus dalam keadaan terpenjara. Paulus di penjara sekitar tahun 62 M di Roma. Apakah artinya ini? Artinya, pada tahun 62 M tersebut, ketika Paulus di penjara, Paulus sudah berusia sekitar 60 tahun lebih, dimana dia telah 30 tahun lebih mengikut Tuhan Yesus dengan segenap hati.

Namun, pernyataan Paulus selanjutnya cukup mengejutkan; Paulus mengatakan bahwa ternyata hal yang sekarang jauh lebih penting bagi Paulus untuk tinggal di dunia ini adalah terus-menerus memberitakan Injil dan menghasilkan buah bagi-Nya. Paulus tahu tujuan hidup selama ia masih diberikan nafas kehidupan. Ada sesuatu yang lebih penting untuk dikerjakan, yaitu mengabarkan Injil Tuhan. Itu sebabnya, Paulus berkata bahwa “hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.” Paulus sadar benar bahwa nafas hidup yang masih Tuhan izinkan untuk dihirup olehnya semata-mata agar Paulus terus-menerus mengabarkan Injil. Bayangkan, di dalam usianya yang sudah lanjut, Paulus masih memiliki semangat yang luar biasa dalam memberitakan Injil.

Begitu juga kita sekarang, jika Tuhan masih memberikan kesempatan kita untuk hidup, itu bukanlah sesuatu yang kita gunakan untuk bersenang-senang. Namun, kita haruslah mengabarkan Injil, itulah tugas utama kita. Hidup hanya satu kali, dan jika kita menyia-nyiakan waktu yang ada, maka itu tandanya bahwa kita pun sedang menyia-nyiakan anugerah dari Tuhan dalam hidup kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s