Mengenal Sang Juru Selamat

Bacaan hari ini: Kolose 1:15-23
“Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan …” (Kolose 1:15)

Dalam berbagai segi kehidupan, manusia cenderung berusaha untuk dapat lebih mengenal orang-orang yang telah berpengaruh dalam hidupnya. Dengan lebih mengenal orang-orang tersebut, maka kehidupan kita semakin berarti atau bersemangat untuk hal-hal tertentu. Dikisahkan, seseorang bekerja keras untuk dapat menjadi seorang dokter yang terbaik, karena dulunya ada seorang guru yang telah mendidik dirinya dengan baik. Kehidupan guru tersebut memberikan inspirasi tersendiri bagi murid tersebut.

Surat yang dituliskan oleh Rasul Paulus kepada jemaat Kolose ini, mendorong mereka untuk mengingat siapa Kristus dalam setiap aspek kehidupan mereka. Sebab itu, Rasul Paulus dengan sengaja menyajikan tentang keutamaan Kristus sebagai topik penting dalam suratnya. Dengan kata lain, hanya “di dalam Dia” maka kita akan mendapatkan segalanya, secara khusus pengampunan dosa kita.

Bagian yang kita renungkan ini menunjukkan bahwa:

(1) Kristus adalah Pencipta dari segala yang ada dalam alam semesta ini.

Kristus bukan ciptaan tetapi Pencipta. Pengenalan ini membuat setiap kita menyadari sejak awal, bahwa Kristus adalah Allah yang patut disembah dan dipuja, sebab Dia adalah Pencipta.

 

(2) Kristus adalah Kepala dari setiap anggota tubuh Kristus atau jemaat-Nya.

Di dalam Kristus lah, seluruh anggota tubuh dipersatukan dan Allah berkenan diam di dalam-Nya.

(3) Kristus adalah sumber kehidupan, yang memperdamaikan kehidupan kita yang berdosa, dengan Allah yang Kudus. Kristus-lah yang mengampuni segala dosa kita, sehingga di dalam Dia, kita ditempatkan sebagai kaum yang kudus dan yang tidak bercacat cela di hadapan Allah yang Kudus.

Hari ini, semenjak kita menerima Kristus sebagai Juru Selamat pribadi, apakah kita semakin mengenal Sang Juru Selamat dalam kehidupan kita?

Oleh sebab itu, nasihat Rasul Paulus kepada kita, “Kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak berguncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar…” (Kol. 1:23).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s