Karakter Kristus

Bacaan hari ini: Kolose 3:1-25
“Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.” (Kolose 3:3)

Karakter, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), didefinisikan sebagai, “tabiat, sifat-sifat, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.”

Beberapa hal yang mempengaruhi pembentukan karakter seseorang, antara lain: sikap orang tua, lingkungan sosial, dan pendidikan. Sekalipun demikian, karakter bukanlah bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubahkan.

Setiap pribadi bertanggung jawab atas karakternya masing-masing. Karena itu, karakter harus dibangun dan dikembangkan secara sadar, hari demi hari, melalui suatu proses yang tidak instan.

Dalam Kolose 3, Paulus secara khusus berbicara mengenai karakter pengikut Kristus. Setiap orang yang percaya pada Kristus telah ditebus dari cara hidup yang lama. Manusia lama yang buruk telah mati, digantikan dengan manusia baru yang dibangkitkan bersama dengan Kristus. Setiap orang percaya telah diberi kemampuan untuk menang atas dosa dan hidup bagi Kristus.

Sebagai orang-orang yang telah diselamatkan oleh Kristus, maka seharusnya kehidupan orang percaya pun mengikuti teladan Kristus. Oleh karena itu, Paulus menasihatkan jemaat untuk sungguh-sungguh menghidupi teladan Kristus.
Segala sifat-sifat dan karakter-karakter buruk yang ada, harus mereka hilangkan. Itu semua sudah mati bersama dengan manusia lama mereka. Mereka tidak bisa terus-menerus hidup dengan cara hidup lama yang penuh cacat cela. Sebaliknya, mereka harus mau meneladani karakter Kristus. Karakter seperti Kristus lah yang menjadi pengikat orang-orang percaya sebagai satu tubuh Kristus.

Murid Kristus tidak secara instan langsung memiliki karakter seperti Kristus, begitu dia percaya. Sekali lagi, karakter adalah sesuatu yang harus dikembangkan secara sadar.

Tuhan telah menyediakan jalan dan teladan bagi orang-orang percaya untuk memiliki karakter seperti Kristus.

Bagaimana dengan Saudara hari ini? Apakah Saudara mau dibentuk untuk semakin serupa dengan Kristus, atau tetap ingin mempertahankan cara hidup yang lama?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s