Pelayanan Paulus di Jemaat Tesalonika

Bacaan hari ini: 1 Tesalonika 2:1-12
“… karena Allah telah menganggap kami layak untuk mempercayakan Injil kepada kami.” (1 Tesalonika 2:4)

Bagi Paulus dan kawan-kawan (Silwanus dan Timotius), pelayanan pemberitaan Injil yang mereka terima sesungguhnya adalah anugerah Allah semata. Itulah sebabnya mereka sungguh-sungguh menghargai kepercayaan itu dengan tidak mau menjadikannya sia-sia. Hal ini mereka tunjukkan, saat mereka mendatangi jemaat Tesalonika. Mereka tidak menyia-nyiakan keberadaan mereka. Kesempatan bersama jemaat di Tesalonika, mereka gunakan untuk memberitakan Injil Allah kepada yang lainnya. Walaupun untuk itu mereka harus berjuang berat. Namun, berkat pertolongan Allah, akhirnya mereka beroleh keberanian memberitakan Injil Allah kepada jemaat di sana (ay. 1-2).

Selain itu, di dalam pemberitaan mereka, mereka selalu berusaha untuk menyukakan Allah, bukan manusia (ay. 4). Mereka juga tidak pernah bermulut manis dan tidak pernah memiliki maksud loba yang tersembunyi. Mereka tidak pernah mencari pujian dari manusia, baik itu dari jemaat yang dilayani, maupun orang-orang lainnya, sekalipun sesungguhnya mereka dapat berbuat demikian sebagai pelayan-pelayan Kristus (Ay. 5-6). Namun yang Paulus dan kawan-kawan tunjukkan adalah sikap ramah kepada mereka yang dilayani, sikap ramah mereka tersebut digambarkan sama seperti sikap seorang ibu yang mengasuh dan merawati anaknya. Demikianlah mereka, dalam kasih sayang yang besar akan jemaat, bukan saja rela membagi Injil Allah dengan jemaat, tetapi juga hidup mereka sendiri dengan jemaat, karena mereka mengasihi jemaat yang mereka layani (ay. 7-8).

Betapa baik dan indahnya sikap yang dimiliki oleh Paulus dan kawan-kawan dalam meresponi pelayanan pemberitaan Injil yang Allah telah percayakan kepada mereka. Betapa beruntungnya jemaat Tesalonika, memiliki para pelayan Allah seperti mereka. Jemaat Tesalonika pun menyambut mereka dan menerima pelayanan pemberitaan Injil yang Paulus dan kawan-kawan lakukan dengan baik. Itulah sebabnya Allah memberkati jemaat Tesalonika. Bagaimana dengan kita?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s