Aku Orang Berdosa

Bacaan hari ini: 1 Timotius 1:12-17
“Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: Kristus Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa, dan diantara mereka akulah yang paling berdosa.” (1 Timotius 1:15)

Dikisahkan dalam kitab Kisah Para Rasul, bahwa sebelum bertobat, Paulus adalah seseorang yang dengan kejam menganiaya orang Kristen. Kejahatannya yang amat sangat terhadap umat Allah menyebabkan dia ditakuti oleh banyak orang Kristen. Dalam Kisah Para Rasul 9:1-19, Allah menunjukkan kemurahan dan kesabaran kepadanya dengan memberi kesempatan kepadanya untuk bertobat dan menerima Kristus sebagai Tuhan. Kemurahan Allah kepada Paulus memberikan kepadanya semangat untuk memberitakan Injil kepada orang lain.

Mengakui kelemahan dan kesalahan diri bukanlah sesuatu yang mudah bagi siapapun. Namun bagi seorang Paulus, sekalipun dia memiliki kedudukan dan pendidikan tinggi, pengenalannya akan Kristus membuat dirinya sadar betapa kotornya dia di hadapan Tuhan. Ketika seseorang semakin mengenal Kristus, ia akan semakin mengenal dirinya sendiri dan kedudukannya di hadapan Kristus. Ketika seseorang semakin mengenal Kristus, ia akan semakin hidup meninggikan Kristus. Inilah yang terjadi dalam kehidupan Paulus. Ketika Paulus semakin mengenal Kristus, ia semakin meninggikan salib Kristus dan menaikkan segala pujian bagi Tuhan. Pengenalan akan Kristus membuat rasul Paulus semakin rindu meninggikan Dia di dalam kehidupannya.

Sebagai umat Tuhan, marilah kita bertumbuh dalam kehidupan rohani yang selalu menaikkan pujian dan penyembahan bagi Tuhan kita. Kita harus waspada! Ketika ego dan kebanggaan diri mengambil alih, maka biasanya kerinduan meninggikan Tuhan akan berkurang. Sebaliknya, ketika kerinduan meninggikan Tuhan bertambah, kita akan semakin merendahkan diri di hadapan salib Kristus.

Kiranya hari ini kita belajar untuk semakin mengevaluasi diri dan bukannya berbangga diri terhadap segala pencapaian ataupun keberhasilan kita. Karena, hanya oleh kemurahan dan kesabaran Allah saja sebenarnya kita beroleh anugerah keselamatan dan kesempatan untuk melayani Tuhan, Raja di atas segala raja. Bersyukurlah kepada Tuhan atas kasih-Nya! Amin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s