Menghormati Tanpa Syarat

Bacaan hari ini: 1 Timotius 5:1-25
“… Jagalah kemurnian dirimu.” (1 Timotius 5:22)

Cara kita menghormati, berelasi, atau menasihati sesama jemaat dari “golongan usia” atau “jabatan” yang dimiliki di gereja, tentu berbeda. Menarik sekali, Paulus memberikan panduan yang lengkap. Ada 2 hal yang bisa kita pelajari dari bagian ini:

Pertama, menegur dalam kasih dan kemurnian.

Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) menuliskan dalam ayat 1a, “Janganlah engkau memarahi dengan keras orang yang lebih tua daripadamu melainkan ajaklah dia mendengarkan kata-katamu seolah-olah ia bapakmu.” Pada saat menegor orang yang lebih tua, tidak seharusnya kita “memarahi dengan keras,” sekalipun orang tersebut memiliki kesalahan. Melainkan kita mendorongnya dan menguatkannya untuk berbuat atau bersikap yang baik (BIS: “mengajak untuk mendengarkan kata-katamu”). Teguran yang kita berikan harus didasari oleh kemurnian (ay. 2). Kemurnian yang didasari oleh kerinduan agar orang yang kita tegur bisa berubah semakin serupa dengan Kristus di dalam hidupnya. Tidak terkecuali kepada para hamba Tuhan (ay. 17), kita pun perlu mengingatkannya dengan penuh kemurnian (ay. 22) dan tanpa memihak (ay. 21), agar mereka yang bersalah bisa kembali memiliki hidup yang benar di hadapan Tuhan dan juga di hadapan jemaat.

Kedua, tepat sasaran (ay. 3-5, 17-19).

Apabila jemaat berniat untuk membantu para janda, kiranya bantuan diberikan kepada para janda yang memang membutuhkan. Janda yang memang sebatang kara (ay. 5) dan tidak memiliki sanak-saudara, dan yang sudah berusia 60 tahun (ay. 9), serta memiliki kesaksian hidup yang baik (ay. 10). Kepada hamba Tuhan, yang berkhotbah dan mengajar (ay. 17), mereka pun diberikan upah yang selayaknya dan sepantasnya. Apabila semua keteraturan ini dipraktikan dengan baik, maka relasi kehidupan antar jemaat niscaya terjalin sangat indah.

Pertanyaannya, bagaimanakah dengan kita hari ini? Sudahkah kita sebagai jemaat Tuhan, bersikap hormat kepada sesama anggota tubuh Kristus dari golongan usia, maupun jabatan yang berbeda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s