Kagum kepada Yesus

Bacaan hari ini: Ibrani 1:1-4
“Maka pada zaman akhir ini, Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada.” (Ibrani 1:2)

Ada banyak orang yang sangat mengagumkan hari ini; seperti Mario Teguh, Tung Desem, Merry Riana, yang piawai dalam berbicara dan mengeluarkan kata-kata yang inspiratif. Tidak sedikit orang Kristen yang merasa terberkati dengan keberadaan mereka.

Orang-orang Yahudi juga memiliki tokoh-tokoh yang mereka kagumi. Mereka mengagumi Abraham, Musa, Yakub, para nabi dan lainnya. Mereka menghafal pengajaran tokoh-tokoh tersebut, mengagumi mereka.

Penulis Ibrani dalam suratnya ingin menyatakan ada Seorang Pribadi yang lebih sempurna dari semua tokoh tersebut. Pribadi itu adalah Tuhan Yesus. Ia tidak hanya menerima pesan Allah melalui penglihatan seperti Yesaya (Yes. 6), atau melalui mimpi kepada Yusuf dan Yakub (Kej. 28).
Yesus juga tidak berjumpa Allah melalui perjumpaan langsung, seperti Abraham dan Musa (Kej. 18; Kel. 31). Lebih dari itu, Yesus sendiri adalah Allah. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah sendiri (ay. 2). Semua perkataan, pengajaran, pelayanan dan kehidupan Yesus adalah penyataan Allah yang terbesar dalam sejarah umat manusia. Yesus lebih tingi dari para malaikat (Ibr. 1:5-14), lebih tinggi dari Musa (Ibr. 3:1-6), lebih tinggi dari Harun (Ibr. 7:11-28), lebih tinggi dari Imam Besar dan semua tokoh yang dikagumi orang-orang Yahudi pada waktu itu. Ia tidak setara, melainkan lebih tinggi dari tokoh-tokoh tersebut, karena Ia sendiri adalah Allah dan yang melalui diri-Nya lah, kita dapat mengenal serta mendapatkan kebenaran sejati dalam kehidupan.

Kita seharusnya lebih banyak memakai waktu melihat Yesus lebih dekat; merenungkan pengajaran-Nya, meneladani kehidupan-Nya dan hidup di dalam semangat pelayanan-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s