Cepat Lupa

Bacaan hari ini: Yakobus 1:1-27
“Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian, kamu menipu diri sendiri.” (Yakobus 1:22)

Dalam kehidupan ini ada begitu banyak hal yang sangat cepat kita lupakan. Seperti lupa menaruh kunci, lupa mematikan kompor, dan lain sebagainya. Manusia memang cepat sekali lupa, bahkan saat teduh yang baru saja dibaca pada pagi hari, pada siang atau sore harinya mungkin sudah lupa. Jika sudah lupa, bagaimana bisa menghidupi firman Tuhan setiap hari? Bacaan har ini memberikan tiga cara praktis agar kita tidak mudah lupa akan firmain Tuhan.

(1) Meneliti.
Cara pertama untuk dapat mengingat firman Tuhan adalah dengan kita menemukan sendiri apa yang menjadi berkat, teguran, nasihat, atau penghiburan bagi kehidupan kita. Untuk dapat menemukan hal-hal tersebut kita perlu meneliti dengan sungguh-sungguh apa yang kita baca, mencari tahu apakah yang ingin Tuhan sampaikan kepada diri kita pribadi melalui apa yang kita baca hari itu.

(2) Bertekun.
Seorang pemain sepak bola harus berlatih setiap hari agar otot-otot kakinya terbiasa dan mahir mengendalikan bola, namun jika seorang pesepak bola berhenti berlatih selama satu tahun, dampaknya akan sangat besar bagi dirinya, staminanya mungkin tidak seprima dulu, otot-otot kakinya mulai terasa kaku karena tidak pernah latihan, sehingga bagian-bagian tubuhnya “lupa” bagaimana seharusnya mereka bekerja dengan gesit. Demikian halnya dengan kita, jika kita tidak mendisiplin diri kita untuk bertekun di dalam firman Tuhan, maka tidak heran jika kita sangat mudah lupa akan firman Tuhan.

(3) Melakukan.
Seseorang pernah berkata bahwa cara terbaik untuk mengerti dan mengingat teori adalah dengan mempraktekkannya. Kadang ada mata pelajaran yang sulit sekali kita mengerti teorinya, tetapi dapat dengan mudah kita pahami ketika kita mempraktekkannya. Begitu pula dengan firman Tuhan, apabila hanya teori saja yang menenuhi kepala kita, kita akan sangat mudah lupa karena dihimpit oleh pikiran-pikiran kita yang lain.

Melakukan Firman Tuhan adalah cara terbaik bagi setiap anak Tuhan, untuk bisa mengerti kehendak Tuhan bagi kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s