Dosa yang Tersembunyi

Bacaan hari ini: Yakobus 2:1-13
“… Janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka.” (Yakobus 2:1)

Perjalanan hidup manusia tidak pernah terlepas dari kesalahan dan dosa; bahkan dosa-dosa yang seringkali dianggap remeh (yang tersembunyi) dalam kehidupan ini. Pada umumnya kita akan sangat menentang dan menghakimi saudara kita yang telah berbuat kesalahan yang luar biasa, mungkin itu membunuh, memfitnah atau kesalahan yang lebih daripada itu.

Rasul Yakobus mengingatkan para pembacanya supaya mereka berhati-hati terhadap dosa, termasuk dosa yang seringkali “tersembunyi” dalam kehidupan kita. Pada bagian ini, sangat jelas bahwa memandang muka (membeda-bedakan perlakuan terhadap orang lain) merupakan dosa yang harusnya kita waspadai (Yak. 2:1-4).

Rasul Yakobus hendak menyampaikan bahwa:

(1) Setiap kita yang ada di dalam Kristus adalah orang-orang miskin yang telah dijadikan kaya dalam iman oleh karena anugerah yang Tuhan berikan kepada kita.

(2) Setiap kita telah dijadikan ahli waris Kerajaan Allah.
Dengan kata lain, Allah di dalam Kristus telah memperlakukan setiap kita yang berdosa, menjadi anak-anak-Nya tanpa memandang apa yang kita miliki atau kondisi kita; tapi yang rela mengasihi kita apa adanya.

Dengan demikian apabila kita memperlakukan sesama kita tanpa memandang muka, maka kita sedang menaati atau melakukan hukum yang terutama dan yang utama dalam hidup kita, yaitu mengasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Jadi, dalam setiap langkah kehidupan kita, kita perlu waspada, sebab siapapun kita dapat terjebak dan terikat oleh dosa yang tersembunyi, di mana kita tidak lagi punya kepekaan dan belas kasihan terhadap sesama kita.

Hari ini, setiap kali melangkah dalam kehidupan ini, hendaklah selalu mengingat bahwa hanya Tuhan, Sang Hakim yang berhak mengadili setiap orang.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s