Beritakan Perbuatan-Nya yang Besar

Bacaan hari ini: 1 Petrus 2:1-10
“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, … supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia…” (1 Petrus 2:9)

Nas ini mengingatkan kita akan pilihan Allah terhadap bangsa Israel di Perjanjian Lama. Pada waktu Bangsa Israel keluar dari Mesir dan sampai ke gunung Sinai. Dalam Kitab Keluaran 19:5-6, firman Allah mengatakan: “Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi. Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel.” Firman Allah tersebut digunakan oleh Petrus untuk orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Di sini Petrus menyatakan bahwa orang-orang yang percaya kepada Kristus adalah Israel baru, yang dipilih oleh Allah sendiri melalui penebusan Kristus untuk menjadi imamat rajani, bangsa yang kudus dan umat kepunyaan Allah sendiri. Sebagai imamat yang rajani, itu berarti bahwa setiap orang percaya mempunyai hak untuk masuk dan berjumpa dengan Allah, dan melayani Allah yang adalah Raja di atas segala raja. Sebagai bangsa yang kudus, itu berarti bahwa setiap orang percaya yang telah dipilih Allah, memiliki hidup berbeda dari orang lain dan mendedikasikan dirinya hanya kepada kehendak Allah dan melayani Allah. Sebagai umat kepunyaan Allah, itu berarti bahwa setiap orang percaya adalah milik Allah sepenuhnya (Tit. 2:14). Demikianlah kiranya status dan keberadaan kita sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus.

Petrus pun menyatakan bahwa Allah yang telah memilih kita sebagai imamat rajani, bangsa yang kudus dan umat Nya, meminta kita supaya memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar yang telah memanggil kita keluar dari kegelapan kepada terang-Nya. Allah mau agar Injil keselamatan yang telah dikerjakan Kristus bagi kita, dapat diberitakan, sehingga banyak orang yang masih hidup dalam kegelapan dosa boleh beroleh terang dan menerima keselamatan Allah. Karena itu, marilah kita beritakan perbuatan-perbuatan-Nya yang besar di dalam Kristus!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s