Hidup Dengan Sesama

Bacaan hari ini: 1 Petrus 3:1-12
“Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati, dan … hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.” (1 Petrus 3:8-9)

Bagian firman Tuhan ini mengajarkan tentang kehidupan orang percaya di tengah-tengah keluarga dan sesama saudara seiman. Bagian pertama berbicara tentang apa yang Tuhan kehendaki bagi suami dan istri yang percaya kepada-Nya. Rasul Petrus mengingatkan agar istri tunduk kepada suaminya. Bahkan ketika suaminya bukanlah seorang Kristen atau mempunyai kehidupan yang melawan Tuhan sekalipun. Mengapa demikian ? Karena dengan demikian mereka menjadi saksi Tuhan dan bisa Tuhan pakai untuk memenangkan suaminya. Istri diingatkan untuk penuh dengan roh lemah lembut serta memiliki kehidupan yang murni dan saleh, sesuai kehendak Tuhan. Sebaliknya, suami yang percaya kepada Tuhan diingatkan untuk hidup bijaksana dengan istrinya, dan bukan justru menekan dan berlaku kasar kepada mereka. Firman Tuhan mengingatkan bahwa istri adalah teman pewaris kasih karunia, yang apabila para suami berlaku tidak tepat, maka doa mereka akan terhalang.

Berikutnya adalah bagaimana orang percaya hidup bersama saudara seimannya. Mereka diminta menjadi berkat, mengeluarkan perkataan yang membangun dan bukan caci maki. Mereka hadir tidak membawa huru-hara tetapi perdamaian. Karena itu orang percaya diminta menjauhi yang jahat, dan menjaga mulut bibirnya dari dusta dan kata-kata jahat. Sebaliknya, mereka diminta untuk saling mengasihi, rendah hati, dan seia-sekata.

Sebagai orang-orang percaya, maka kehadiran dan kebersamaan kita bersama dengan sesama kita, terutama pasangan dan saudara seiman, seharusnyalah membawa pendamaian dan persekutuan di dalam Kristus. Kita hidup sebagaimana Kristus telah meneladankannya bagi kita. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk taat dan mau dibentuk untuk semakin serupa Kristus.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s