Pemimpin

Bacaan hari ini: 1 Petrus 5:1-11
“Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.” (1 Petrus 5:3)

Mendengar kata “pemimpin” tentu gambaran yang muncul di benak kita adalah seorang yang punya otoritas mengatur, memerintah dan memegang kendali. Seorang pemimpin biasanya identik dengan seorang yang sok kuasa, semau sendiri, dan mau menang sendiri. Tetapi, dalam surat 1 Petrus 5, kita diingatkan bahwa sesungguhnya tidak demikian sifat dari seorang pemimpin Kristen. Ketika seseorang dipanggil dan dipercayakan untuk menjadi seorang pemimpin, maka ada beberapa hal yang harus ia mengerti.

Pertama, ia harus sadar bahwa orang-orang yang dipimpin itu adalah kawanan domba Allah.
Karena itu, ia diingatkan supaya melakukan tugas kepemimpinannya sesuai dengan kehendak Allah. Jadi bukan semaunya sendiri, melainkan menurut apa yang menjadi maunya Tuhan. Ia tidak boleh mencari keuntungan dari orang-orang yang dipimpinnya, tetapi yang melakukan tugas kepemimpinan ini sebagai bentuk pengabdian kepada Tuhan karena orang-orang yang dipimpin itu adalah milik Tuhan.

Kedua, seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi yang dipimpin.

Pemimpin yang baik bukan hanya sekadar memerintah, tetapi ia sendiripun menjadi teladan atau dengan kata lain, ia sendiri hidup dan melakukan sesuai dengan apa yang ia katakan. Pemimpin yang bisa menjadi teladan, tentu menimbulkan respek dari orang yang dipimpinnya.

Ketiga, seorang pemimpin Kristen mengerti bahwa kelak ia harus mempertanggungjawabkan tugas kepemimpinannya ini kepada Gembala Agung, yakni Tuhan Yesus Kristus yang telah mempercayakan tugas ini kepadanya, sehingga ia menjalankan tugas ini dengan serius.

Apakah kita telah menjadi pemimpin yang benar dan baik sesuai dengan yang Allah kehendaki? Seorang pemimpin yang tidak mencari keuntungan sendiri, yang menjadi teladan dan bisa mempertanggungjawabkan tugasnya di hadapan Tuhan dengan hati yang tulus dan terbuka? Kiranya Tuhan menolong kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s