Mencicipi Hidup yang Kekal

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 5:13-20
“Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.” (1 Yohanes 5:13)

Apa yang terlintas dalam pikiran setiap membaca atau mendengar istilah “hidup yang kekal”? Seringkali kita berpikir hidup yang kekal itu urusannya dengan kekekalan. Hidup yang kekal baru akan kita terima waktu kita meninggalkan dunia ini dan masuk ke dalam Sorga, tinggal bersama Allah selamanya. Itu baru namanya hidup yang kekal.

Bacaan hari ini, “…supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal” (ay. 13). “Memiliki” di sini bukan menggunakan kata kerja untuk sesuatu yang akan terjadi, tetapi menggunakan kata kerja aktif. Dengan kata lain, setiap orang yang percaya Yesus Kristus, Anak Allah yang Tunggal, dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, orang tersebut dianugerahkan hidup yang kekal, dan menerima hidup yang kekal. Kita bisa mencicipi dan merasakan, serta menghidupi hidup yang kekal itu sejak kita hidup dalam dunia ini.

Hidup yang kekal yang kita miliki, seharusnya mewarnai doa-doa yang kita naikkan kepada Allah. Pada saat kita rindu mencicipi hidup yang kekal melalui doa-doa kita, doa kita hendaknya menuruti:

(1) Kehendak Allah.
Apapun yang kita minta dengan mengutamakan kehendak Tuhan, Tuhan akan mengabulkannya. Itu artinya, kita berdoa dalam nama Yesus Kristus

(2) Kekudusan Allah.
Doa-doa kitapun hendaknya bernafaskan kekudusan Allah.
Dalam artian, kita rindu kekudusan Allah semakin nyata di dalam dunia yang semakin berdosa dan jauh dari Allah. Kita mohon kepada Allah agar dalam hidup ini, kita sungguh dapat mencerminkan kekudusan Allah. Kekudusan Allah nyata dalam segala tingkah laku kehidupan kita sebagai anak-anak-Nya.

Apakah kita terus-menerus berdoa sesuai dengan kehendak Allah dan mencerminkan kekudusan-Nya? Dengan berdoa sesuai kehendak Allah dan dalam kekudusan-Nya, kita akan mencicipi hidup yang kekal, yang telah Allah karuniakan dalam Kristus Yesus. Bertekunlah dalam doa yang diwarnai oleh hidup kekal yang sudah kita terima dan miliki dalam Kristus Yesus

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s