Raja Pemenang

Bacaan hari ini: Wahyu 19
“Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: ‘Yang Setia dan Yang Benar,’ Ia menghakimi dan berperang dengan adil.” (Wahyu 19:11)

Sejak pasal 12 dipaparkan kekalahan si Naga yang telah terjadi sejak karya Mesianik di kayu salib dan kubur yang kosong. Namun mereka terus berupaya agar dunia ini bisa tunduk di bawah kendali mereka. Babel, si pelacur besar adalah alat yang mereka pakai untuk memastikan hal tersebut. Namun pada pasal 17-18, Babel pun akan diruntuhkan. Keruntuhan mereka merupakan kepastian karena kemenangan yang telah terjadi 2000 tahun lampau! Kemenangan yang akan segera dituntaskan melalui kedatangan kembali Sang Mesias, sekaligus memulai yang baru.

Nyanyian surgawi pun (ay. 6-8) mengiringi kedatangan Sang Raja Mesias yang digambarkan sebagai pengantin pria yang datang menjemput sang pengantin wanita. Para undangan-Nya merupakan umat yang setia dalam kesalehan dan yang tidak kompromi dengan dosa (ay. 9). Sosok yang datang menunggang kuda putih dengan berbagai atributnya sudah pasti merupakan gambaran akan kedatangan Kristus yang kedua. Sang Firman (ay. 13) datang sebagai Raja (ay. 16) yang menang perang atas semua musuh-Nya. Kemenangan itulah yang dirayakan dalam perikop sebelumnya dengan perjamuan perkawinan anak domba (ay.6-10). Mesias datang pertama kali sebagai Juruselamat. Kedatangan-Nya kembali ialah sebagai Raja dan Hakim. Ia akan menuntaskan masalah dosa, kejahatan, dan penderitaan. Umat-Nya yang bertahan dan setia akan menikmati perjamuan bersama Anak Domba untuk menikmati kekekalan.

Menurut seorang penafsir, Prof. W. Hardon, nyanyian-nyanyian pujian dalam kitab Wahyu ini bukan hanya merupakan “hiasan” tetapi harus dianggap sebagai titik-titik puncak dari kitab Wahyu. Nyanyian-nyanyian itu di satu sisi memuji Allah, tetapi di sisi lain juga merupakan “penghiburan” bagi orang-orang percaya (Gereja) pada masa itu yang sedang berjuang atas berbagai penindasan.

Ada harapan dan kemenangan di masa yang akan datang, karena Yesus Kristus yang telah datang (Natal), menderita, bangkit dan akan datang kembali, adalah jaminan akan keselamatan dan kemenangan kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s