Langit dan Bumi Baru

Bacaan hari ini: Wahyu 21:1-8
“… Aku adalah Alfa dan Omega … orang yang haus akan Kuberi minum dengan Cuma-Cuma dari mata air kehidupan. Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini …” (Wahyu 21:6-7)

Kitab Wahyu selalu menyatakan bahwa nubuat Perjanjian Lama tidak pernah kehilangan daya-kekuatannya, sebab dipenuhi Allah. Dalam Yesaya 65:17-18, tertulis: “Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit dan bumi yang baru; dan sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan.” Dalam Teologi Dogmatika pada umumnya diterima bahwa bumi yang telah ada akan tetap ada, tetapi diperbaharui. Apa yang dinubuatkan Yesaya, dilihat oleh Yohanes dalam suatu penglihatan di depan matanya (sesudah penglihatan tentang pengadilan terakhir); ia melihat langit yang baru dan bumi yang baru, dan Yesusalem yang baru.

Apa yang harus kita lakukan untuk merespons janji Tuhan tersebut?

Pertama, harus tetap bertahan dalam iman kepada Yesus Kristus.

Ayat 7 mengatakan bahwa Allah memberi suatu janji kepada dia yang menang, yaitu dia yang tidak memberi dirinya menyimpang dari jalan yang benar oleh karena penggodaan dan penganiayaan, tetapi tetap beriman dan percaya kepada Kristus. Kita akan memperoleh “semuanya ini”, yaitu dunia yang baru. Bagi kita yang menang, janji-janji dalam Perjanjian Lama akan terwujud. Allah akan menjadi Allah kita, dan kita menjadi anak Allah.

Kedua, hidup di dalam kebenaran dan meninggalkan Dosa.

Setiap orang yang melakukan dosa (ay. 8), tidaklah akan dapat luput dari hukuman Allah. Dosa besar yang pertama, yang disebutkan dalam ayat 8 ini adalah “ketakutan,” yaitu menyangkal Kristus oleh karena takut dianiaya.

Salah satu maksud utama dari pesan ini kepada jemaat Tuhan adalah, membangkitkan mereka untuk menjadi setia dan hidup dalam kebenaran kepada Kristus di tengah-tengah penganiayaan. Karena itu dalam keadaan apapun, kita harus tetap percaya dan hidup di dalam kebenaran serta tidak melakukan dosa walaupun kita mengalami penderitaan, masalah dan penganiayaan, karena Allah menjanjikan menjadikan dunia yang baru bagi setiap kita yang bertahan sampai pada akhirnya.

Bagaimana dengan Saudara hari ini? Jangan menyerah!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s