Ya, Aku Segera Datang

Bacaan hari ini: Wahyu 22:18-21
“Ya, Aku datang segera! Amin, datanglah, Tuhan Yesus! Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian.” (Wahyu 22:20-21)

Di zaman Yohanes, dalam bagian penutup sesuatu kitab, seringkali diminta dengan sangat supaya penyalin-penyalin, yang membuat salinan-salinan baru, jangan mengubah sesuatu apapun. Yohanes sedemikian yakin, bahwa ia telah menulis hal-hal yang tepat, bahwa ia berani mengambil alih perkataan-perkataan dari Ulangan 4:2 dan 12:32, yang berbunyi: “Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya.” Karena isi nubuat-nubuat Yohanes adalah ilahi dan kudus, maka hukuman Allah diancamkan kepada manusia, yang mengubah nubuat-nubuat ini.

Demikian juga mengenai kedatangan Yesus Kristus, ini merupakan nubuat yang harus diterima dan diyakini karena tertulis di dalam kitab Suci. “Ya” yang berarti “sesungguhnya” mengantar kepada janji suci Kristus, “yang menyaksikan semuanya itu” (yang artinya: dari pada-Nyalah berasal seluruh isi Kitab Wahyu) berjanji sekali lagi: “Sesungguhnya, Aku datang segera!” atasnya jemaat menjawab dengan “Amin”, yang berarti: “Benar, kami percaya janji itu.” Kemudian jemaat meminta kepada Yesus untuk menepati janji-Nya dengan perkataan: “Datanglah, Tuhan Yesus.”

Dalam menanti kedatangan Tuhan Yesus, kita haruslah tetap berdoa. Doa tentang “Datanglah, Tuhan Yesus” haruslah kita buat menjadi doa kita sehari-hari. Apabila kita mengingat Kitab Wahyu, haruslah memang kita merasa malu bahwa dalam kebaktian dan persekutuan, agak sedikit didoakan memohon kedatangan Kristus dan dinyatakannya sepenuhnya Kerajaan-Nya di dunia. Perkataan di ayat 20 “Datanglah, Tuhan Yesus” dimaksudkan sebagai terjemahan Yunani untuk kata Aram “Maranatha.” Pada ayat 21, Yohanes menutup suratnya dengan perkataan yang hampir sama dengan perkataan yang dipakai Paulus untuk menutup surat-suratnya, yakni “Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian.” Yang berarti bahwa kasih Kristus dinyatakan kepada setiap orang yang beriman kepada-Nya.

Bagaimana dengan Saudara hari ini? Bagaimana Saudara menyambut kedatangan-Nya?

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s