Pencipta Dunia dan Hewan

Bacaan hari ini: Kejadian 1:2-25
“Berfirmanlah Allah …” (Kejadian 1:3)

Catatan penciptaan diwahyukan secara khusus kepada Musa, penulis kitab pertama Alkitab. Karena itu, penafsiran catatan penciptaan jadi tidak mudah. Namun ada beberapa hal perlu kita perhatikan.

(1) Penciptaan terjadi dalam waktu enam hari dan bukan enam tahap atau enam masa.

Ada semacam usaha menggabungkan catatan Kej.1 dengan teori evolusi yang disebut Theistic Evolution Theory, bahwa Allah mencipta melalui proses evolusi, dan bahwa catatan 6 hari penciptaan ialah istilah figuratif saja. Tapi Alkitab menyatakan bahwa itu adalah 6 hari secara harafiah. Sama seperti ketika Musa menyampaikan tentang 10 Hukum, ditegaskan bahwa enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya (Kel. 20:11).

(2) Allah mencipta dalam proses.

Ayat 2 menunjukkan bahwa sebelum Allah membentuk bumi menjadi tempat tinggal bagi segala makhluk, bumi yang berbentuk sudah ada. Bukan berarti bumi yang belum berbentuk itu muncul sendiri, tetapi bahwa Allah mencipta dalam proses. Begitu juga penciptaan 6 hari, bukan terjadi karena Allah tidak bisa menjadikan semuanya dalam 1 hari. Allah bahkan sanggup menjadikan semuanya seketika dan langsung! Tapi Allah melakukannya dalam proses.

(3) Allah mencipta dengan rencana detail yang sempurna.

Allah menciptakan bumi yang tidak berbentuk menjadi tempat huni makhluk hidup yang kondusif, melalui perencanaan yang terinci, dimulai dengan menciptakan terang sebagai simbol kebutuhan yang paling utama dalam kehidupan yang kemudian difungsikan lewat matahari. Habitat makhluk diciptakan secara khusus dan terpisah, kemudian setiap spesies diciptakan sesuai habitatnya masing-masing, bahkan makhluk di udara diciptakan sebelum mahluk yang di bumi.

(4) Karya ciptaan Allah adalah baik adanya.

Dari bumi yang belum berbentuk menjadi tatanan yang teratur indah. Semua terjadi bukan karena ledakan dahsyat 13.7 miliar tahun yang lalu, atau evolusi ratusan sampai ribuan juta tahun, tetapi karena diciptakan oleh Allah yang Mahakuasa.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s