Anugerah dan Tanggung Jawab

Bacaan hari ini: Kejadian 2:8-17
“TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” (Kejadian 2:15)

Sebelum Allah menciptakan manusia, Allah telah menyediakan tempat yang terbaik untuk kelangsungan hidup manusia. Anugerah dari Allah yang berlimpah sudah disediakan bagi manusia. Sumber air yang terus mengalir (ay. 10-11) dan buah dari berbagai pohon yang boleh dimakan manusia, sebagai sumber pangannya (ay. 15). Akan tetapi, anugerah Allah ini tidak berhenti hanya untuk dinikmati.

Allah memberikan tanggung jawab untuk memelihara semua ciptaan Tuhan itu (ay. 15). Tuhan memerintahkan manusia untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Mengusahakan dan memelihara menjadi aktivitas Adam dalam kesehariannya. Mereka harus mengerjakan taman itu, sehingga taman itu tetap berbuah, tetap terjaga kelestariannya. Mereka harus memelihara taman itu, agar taman itu tetap ada, sebagai penyedia makanan bagi mereka. Mengusahakan dan memelihara taman ini, menjadi satu pekerjaan harian, adalah tanggung jawab harian manusia pertama. Selain itu, Allah juga memberi tanggung jawab untuk menjaga anugerah Allah, yaitu untuk tidak memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat. Tanggung jawab ini meliputi ketaatan total untuk melakukan apa yang diperintahkan Tuhan.

Dalam keseharian kita, betapa banyak anugerah yang sudah Tuhan limpahkan pada kita. Keselamatan di dalam Kristus, berkat dan anugerah Allah dalam hidup kita, berupa pekerjaan, keluarga, pelayanan. Allah ingin kita terus mengerjakan semuanya itu dengan ketaatan penuh kepada-Nya.

Mengusahakan dan memelihara anugerah Allah dalam kehidupan kita, juga menjadi ungkapan syukur kita atas anugerah Allah. Bersyukurlah!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s