Keturunan Adam

Bacaan hari ini: Kejadian 5:1-5
“Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah.” (Kejadian 5:1)

Dalam Alkitab kita menemukan banyak catatan mengenai silsilah. Bagi orang Yahudi, silsilah sangat penting karena menolong seseorang untuk mengetahui sejarah keluarga dan nenek moyang mereka. Kejadian pasal 5 yang merupakan bacaan kita hari ini juga berisi catatan silsilah. Silsilah ini berisi catatan daftar keturunan Adam hingga air bah. Keturunan Adam yang dicatat di sini merupakan garis keturunan Set.

Adam hidup sampai usia sembilan ratus tiga puluh tahun. Semasa hidupnya, Adam dan Hawa memperanakkan banyak anak. Dalam Alkitab, hanya tiga anak Adam yang disebut namanya, yaitu Kain, Habel, dan Set. Nama mereka bertiga disebutkan untuk mewakili dua kelompok keturunan Adam. Keturunan Kain mewakili kelompok orang-orang yang berontak terhadap Tuhan; sementara Set, yang adalah pengganti Habel, mewakili kelompok orang-orang saleh. Sekalipun demikian, bukan berarti anak Adam hanya Kain, Habel, dan Set. Di samping mereka bertiga, Adam juga memiliki anak-anak lain. Di ayat 4 juga dikatakan Adam memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.

Sebagai manusia pertama, Adam diciptakan, bukan diperanakkan. Hal ini berarti: tidak ada manusia sebelum Adam dan semua manusia yang dilahirkan setelahnya adalah keturunan Adam. Semua manusia di dunia ini memiliki nenek moyang yang sama, yaitu Adam dan Hawa. Ini membuat semua manusia berada di posisi setara. Apalagi ketika dikatakan Adam dan Hawa diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, maka seluruh keturunan Adam dan Hawa setelah itu juga adalah gambar dan rupa Allah.

Dalam dunia ini, ada berbagai jenis orang dengan ciri-ciri fisik dan kebudayaan yang berbeda. Namun di tengah keberbedaan itu kita harus mengingat bahwa kita semua berasal dari nenek moyang yang sama. Jangan sampai kita merasa lebih penting dan lebih berharga dibanding orang lain, karena semua manusia merupakan keturunan Adam dan Hawa yang diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Marilah kita hidup saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s