Nuh, Dosa dan Kemurahan Allah

Bacaan hari ini: Kejadian 6:1-8
“Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata Allah.” (Kejadian 6:8)

Saat membaca Kej. 1:31, “Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik”, kita tahu, bahwa ciptaan Allah itu baik adanya. Namun Kej. 6:5 mencatat, “Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata.” Apa yang Allah lihat ini adalah dua kondisi yang berbeda. Sebelum kejatuhan dalam dosa, segala ciptaan Allah baik adanya. Namun setelah kejatuhan manusia dalam dosa, Allah melihat bahwa manusia ciptaan-Nya hanya membuahkan kejahatan semata-mata. Allah melihat kerusakan moral manusia (hati yang jahat dan watak yang rusak).

Karena kejahatan yang tidak terkendali dan pemberontakan manusia, maka Allah mendatangkan hukuman. Allah “menyesal,” bahwa Ia telah menjadikan manusia dan memilukan hati-Nya. Hukuman Allah bagi umat manusia bukan didasarkan karena Allah salah perhitungan atau karena Allah membuat kesalahan, tetapi hukuman itu diberikan karena bumi penuh dengan kekerasan dan semua manusia menjalankan hidup yang rusak. Kematian sudah di ambang pintu, dan Tuhan berjanji akan menghapuskan, memusnahkan, dan melenyapkan manusia dari muka bumi.

Di tengah-tengah hukuman yang akan manusia terima, Allah menjum-pai Nuh sebagai seorang yang benar di hadapan-Nya. Nuh mendapatkan kasih karunia di hadapan-Nya (ay. 8). Dosa mendatangkan hukuman, tetapi kebenaran mendatangkan kehidupan. Sehingga Allah merencanakan keselamatan bagi Nuh dan seluruh anggota keluarganya. Kemurahan-Nya dilimpahkan kepada Nuh. Apa yang kita pelajari dari kisah ini?

Tuhan adalah Hakim yang adil. Ia adalah Allah yang kudus, yang tidak tahan melihat kejahatan dan dosa yang semakin merajalela pada zaman Nuh. Hukuman-Nya ditegakkan, tetapi kemurahan-Nya diberikan kepada Nuh, orang yang benar di hadapan Allah. Karena itu, ingatlah selalu bahwa dosa tidak akan pernah mendatangkan kebaikan bagi kita. Sebaliknya, kebenaran akan mendatangkan kemurahan dan berkat Allah bagi kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s